Cara Banding UKT Unair Agar Diterima

Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SOP adalah biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa setiap semester. Perguruan tinggi mengatur besarnya UKT berdasarkan data pokok yang dimasukkan oleh calon mahasiswa. Sehingga bisa disesuai dengan kemampuan ekonomi calon mahasiswa tersebut.

Meskipun begitu, besarnya UKT masih sering menjadi masalah bagi para mahasiswa dan orang tua. Banyak dari mereka mengeluh keberatan dan tidak sanggup membayar UKT yang dibebankan. Jika sudah seperti itu, satu-satunya solusi untuk menurunkannya adalah dengan cara mengajukan Banding UKT.

Cara Banding UKT Unair

Nah, Bagi kamu Mahasiswa Universitas Airlangga yang hendak melakukan Banding UKT namun belum mengerti caranya, silahkan baca artikel ini sampai habis. Sebelum itu, ketahui dulu beberapa hal di bawah ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Banding UKT


1. Jangan pernah melakukan kebohongan
Permohonan dan bukti-bukti yang digunakan untuk Banding UKT harus otentik dan tidak boleh dibuat-buat. Jika pihak Universitas menemukan kebohongan atau pemalsuan dokumen, UKT-mu bukannya turun tapi bisa jadi malah naik. Kemungkinan terburuknya, bisa saja pihak Universitas membatalkan kelulusanmu.

Ingat, Banding UKT ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang benar-benar membutuhkan.

2. Banding UKT tidak dapat dilakukan di awal semester kuliah
Info ini saya dapatkan ketika adik saya dulu ingin melakukan Banding UKT saat masih maba. Tapi ternyata, kebijakan Universitas tidak memperbolehkannya. Jadi minimal harus dilakukan saat hendak memasuki semester 2 atau di tahun yang berbeda.

3. Nggak semua Banding UKT diterima
Hal ini mungkin dikarenakan kelengkapan surat dan bukti pendukung untuk banding kurang memadai.

4. Jumlah UKT yang turun mungkin tidak sesuai harapan kamu
Waktu saya Banding UKT dulu, saya kira kalau diterima bisa menurunkan golongan UKT yang awalnya gol 3 menjadi gol 2. Tapi ternyata nggak segampang itu.

UKT awal saya Rp 3.000.000,- per semester, setelah Banding UKT ternyata hanya turun Rp 600.000,- sehingga menjadi Rp 2.400.000. Itu sangat jauh dari ekspektasi yang saya harapkan, padahal waktu itu pengeluaran keluarga lagi besar-besarnya.

Yap, tapi setidaknya saya bersyukur karena sudah pernah diterima.

5. Banding UKT bisa dilakukan tiap jeda semester
Biasanya dibuka saat liburan semester abis UAS. Tentunya tiap Universitas memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Jadi paling nggak, kamu harus cari-cari informasi kapan dibukanya Banding UKT ini.

Langkah-Langkah Banding UKT Universitas Airlangga

Di sini saya bagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap penyiapan dan pengumpulan berkas.

1. Tahap Penyiapan Berkas

Berkas-berkas yang harus disiapkan sebagai syarat untuk Banding UKT Unair adalah sebagai berikut:
  1. Surat Permohonan Penurunan UKT yang ditujukan kepada Direktur Keuangan Unair.
  2. Fotokopi Invoice/Bukti Pembayaran UKT semester sebelumnya
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  4. Slip Gaji Orang Tua
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Tagihan Listrik dan PDAM terbaru
  7. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  8. Fotokopi STNK Kendaraan yang dimiliki
  9. Bukti Pendukung lainnya, Misalnya: Surat Hutang, Surat Pensiun Orang Tua, dll
Tambahan:
  • Surat permohonan penurunan ukt berisi: Nama orang tua, alamat, pekerjaan, nomer telfon, Nama mahasiswa, NIM, jurusan, nomer telfon, UKT saat ini, alasan mengajukan penurunan ukt, dan ditandatangani oleh orang tua. Contoh suratnya mirip seperti yang ada DI SINI
  • Jika orang tua wiraswasta sama seperti saya, bisa buat Surat Keterangan Penghasilan orang tua sendiri yang ditandatangi RT/RW. (Contoh)
Gila, itu semua harus dilengkapi semua mas?
Enggak, yang wajib itu nomer 1-4, bawa aja yang sekiranya ada atau bisa kamu urus. Makin lengkap makin bagus karena kesempatan banding yang kamu ajukan diterima semakin besar.

2. Tahap Pengumpulan Berkas  

Semua berkas yang sudah siap dijadikan satu dalam map kertas biar kelihatan rapi. Pengumpulan berkas yang nantinya diajukan dan diseleksi oleh Subag Keuangan Unair bisa melalui 2 cara, yaitu:

1. Lewat Rektorat Langsung (recommended)
  1. Datang ke Rektorat Kampus C Universitas Airlangga.
  2. Berikan berkas-berkas Banding UKT ke bagian registrasi.
  3. Tinggal menunggu pemberitahuan diterima atau tidaknya banding.
Bagian registrasi itu dimana?
Kalau dari pintu masuk rektorat itu lurus aja (dekat tangga pojok sebelah kiri). Biasanya yang jaga itu mbak-mbak, jadi bilang aja langsung ke mbaknya mau mengajukan Banding UKT.

2. Lewat BEM Unair
  1. Datang ke Sekretariat BEM Kampus C Universitas Airlangga (Sebelah barat asrama putri). Update: sekarang sudah jadi Perpustakaan, BEM-nya masih satu bangunan tapi masukknya lewat tangga belakang.
  2. Berikan berkas-berkas Banding UKT kepada Mbak/Mas anggota BEM.
  3. Wawancara (dilakukan hari itu juga setelah pemberian berkas).
  4. Tinggal menunggu pemberitahuan diterima atau tidaknya banding.

Cara Mengetahui Banding yang Kamu Ajukan Diterima atau Tidak

Lamanya waktu seleksi oleh Subag Keuangan Unair kurang lebih 2 mingguan setelah pengajuan.

Jika Banding UKT yang kamu ajukan diterima, maka kamu atau orang tuamu akan mendapatkan pemberitahuan via SMS atau telfon. Isi SMS tersebut berkaitan dengan berapa jumlah uang yang diturunkan dari UKT awal.

Jika nggak dapat-dapat pemberitahuan, kemungkinan besar banding yang kamu ajukan belum bisa diterima. Jadi, silahkan coba lagi semester depannya.

Penting: Meskipun Banding UKT-mu diterima semester ini, kamu tetap harus melakukannya lagi semester depan agar UKT-mu tidak kembali seperti semula. Tapi jangan khawatir, klo udah pernah diterima, kemungkinan untuk diterima lagi akan lebih mudah.

Itulah Cara Banding UKT Unair, semoga bermanfaat...

Baca juga: Cara Mengurus KTM Hilang Unair

4 Responses to "Cara Banding UKT Unair Agar Diterima"

  1. Jadi mas kalo kita banding ukt buat semester depan, setelah itu ukt asli kita bisa jadi di tagih lagi di semester selanjutnya ? Mhon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadih maaf saya sibuk ngurus blog lain. Iya sistemnya seperti itu. Saya kira ya cuman sekali aja bandingnya ternyata tidak. Jadi harus dilakukan setiap semester biar UKT-nya tidak ditagih dgn nominal yang sama lagi.

      Delete
  2. Untuk waktu pengajuan banding apa hanya dilakukan sebelum waktu pembayaran ukt? Jika telah masuk waktu pembayaran ukt apa masih bisa mengajukan banding?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pastinya saya kurang tau mbak, coba ditanyakan langsung ke bagian registrasi. Tapi ada baiknya dilakukan sebelum pembayaran UKT dibuka. Harusnya kalau mau banding semester untuk SMS depan, bisa dilakukan awal Desember 2017.

      Logikanya gini, untuk mengetahui proses diterima atau tidaknya banding saja butuh waktu kurang lebih 2 mingguan, sedangkan pembayaran UKT hanya diberi waktu kurang dari 2 minggu. Apakah sampean yakin akan tau hasil diterima/tidaknya banding sebelum pembayaran UKT ditutup? Nanti malah terlambat bayar lagi gara" nungguin hasil banding.

      Delete