Pengen Cepet Lulus Kuliah? Buruan Akses Repository Unair

Di tahun 2016, Unair secara resmi meluncurkan laman repository terbaru, namun baru pada tahun 2017 laman tersebut OPEN ACCESS, sehingga bisa diakses oleh publik tanpa harus login terlebih dahulu.

Repository Unair adalah situs milik Universitas Airlangga yang menyediakan koleksi dokumen akademik atau konten lokal, seperti skripsi, tesis, e-book, jurnal, dokumen penelitian, dan lain-lain. Jadi seperti perpustakaan online gitu deh.
Cara Mengakses Repository Unair

Kalau pengen cepat lulus kuliah, sering-seringlah membuka repository Unair. Itulah kira-kira kata-kata menarik yang terpampang di banner pintu masuk fakultas saya.

By the way, repository Unair merupakan salah satu repository terbaik yang dimiliki oleh Sivitas Akademika, lho. Hal ini karena tampilannya yang simpel, keren, dan kemudahan aksesnya untuk mencari referensi yang kita inginkan.

Meskipun begitu, ternyata banyak mahasiswa, khususnya mahasiswa Unair yang belum mengetahui adanya repository Unair ini dan cara mengaksesnya. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengakses skripsi yang diterbitkan di repository Unair.

Cara Mengakses Ribuan Skripsi di Repository Unair

Jika kamu baru pertama kali mengakses repository Unair, mungkin kamu bingung bagaimana cara mencari dan mengunduh skripsi thesis yang ada di sana. Nah, untuk mempermudah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buka laman repository.unair.ac.id
  2. Silahkan klik menu Home yang terletak di pojok kiri atas, jika tidak menemukan menu pencarian.
  3. Silahkan masukkan kata kunci (keywords) skripsi yang kamu cari di menu pencarian. Nanti akan muncul semua skripsi thesis yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu masukkan.
  4. Untuk membuat hasil pencarian lebih mantap, kamu bisa menggolongkannya berdasarkan judul, nama penulis, tahun, dan pencarian paling revelan dengan kata kunci. Lalu klik reorder.
  5. Jika sudah ketemu skripsi yang kamu cari, klik judulnya. Nanti akan muncul informasi dari skripsi tersebut, misalnya abstrak, nama penulis, kata kunci, dan lain-lain.
  6. Apabila kamu ingin mengunduh skripsi tersebut, tinggal klik kata Download yang terletak di bawah judul skripsi tersebut.
  7. Selesai, sekarang kamu mendapatkan referensi tambahan untuk ngerjain skripsi mu deh.
Sebagai catatan, skripsi yang saat ini bisa diakses oleh publik adalah skripsi yang dipublish tahun 2007 ke bawah, sedangkan untuk tahun 2008 ke atas, kamu harus meminta persetujuan dari fakultas terlebih dahulu untuk mengaksesnya.

Akses untuk skripsi terbitkan tahun 2008 ke atas, login dan pasword-nya juga hanya bisa dilakukan di dalam Perpustakaan Unair. So ya, sekalian ngadem deh di sana.

Kamu telah membaca artikel berjudul Pengen Cepat Lulus Kuliah? Buruan Akses Repository Unair. Semoga bermanfaat bagi kamu yang lagi ngerjain skripsi. Sekian, Terima kasih.

Sumber referensi: lib.unair.ac.id

Baca juga: Cara Banding UKT Unair

7 Responses to "Pengen Cepet Lulus Kuliah? Buruan Akses Repository Unair"

  1. terimakasih kak.. membantu sekali, mohon maaf jika tidak punya akun repository apakah perlu daftar dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf jarang cek blog ini. Tidak perlu, bisa langsung diakses.

      Delete
  2. saya sudah meminta persetujuan kampus tapi tetap tidak bisa diakses. apakh ada cara lain selain harus dtg ke perpus unair ?
    sebelumnya terima kasih banyak kak atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sangat ketat karena menghindari tindakan plagiarisme.

      Delete
  3. Kak, saya mau download tp harus masuk dlu saya pkek username dn pasword sama sperti di cyber kok gabisa ya
    Dan untuk regiter akun baru adakah?
    Kalo iya dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya sudah saya jelaskan di atas ya masalah terbitan tahun 2008 ke atas.

      Delete
  4. ini saat klik download disuruh login, tidak bisa langsung download

    ReplyDelete