Kandungan dan Cara Membuat Ekstrak Tauge

Halo, selamat datang di blog Kimiafi.com, pada postingan kali ini, saya akan sedikit sharing pengalaman mengenai bagaimana sih Cara Membuat/Mendapatkan Ekstrak Tauge.

Tauge mengandung banyak sekali mikronutrien, makronutrien, vitamin, asam amino, dan gula. Kandungan mineral yang ada di tauge berupa Kalsium (Ca), Besi (Fe), Magnesium (Mg), Natrium (Na), Kalium (K), Fosfor (P), dan masih banyak lagi.

Selain kandungan yang ada di dalamnya, tauge juga banyak dimanfaatkan untuk penelitian karena harganya yang murah dan mudah didapatkan.

Dalam penelitian yang saya lakukan, saya menggunakan ekstrak tauge ini sebagai salah satu bahan untuk membuat medium untuk memproduksi/mendapatkan enzim lipase dari bakteri.

Oke langsung saja, begini...

Cara Membuat Ekstrak Tauge

  1. Pertama-tama, kamu perlu menimbang sejumlah tauge sesuai keinginan, misalkan kamu ingin membuat larutan stok ekstrak tauge 100 g/500 ml, maka kamu perlu menimbang 100 g tauge terlebih dahulu menggunakan timbangan.
  2. Bersihkan tauge dengan air mengalir (dari kran) untuk menghilangkan kotoran yang tidak diinginkan.
  3. Masukkan tauge yang telah dicuci dalam wadah yang sesuai. Setidaknya dapat menampung semua tauge beserta airnya. Kalau kamu mau membuat stok 100 g/500 ml, kamu bisa menggunakan gelas beaker 1000 mL. Namun jika kamu ingin membuat stok 500 g/500 ml atau lebih banyak, kamu bisa menggunakan panci dengan ukuran yang sesuai.
  4. Tambahkan aquades sesuai dengan stok yang dinginkan.
  5. Siapkan penangas dan letakkan wadah berisi tauge dan aquades di atasnya.
  6. Panaskan hingga air mendidih selama 1 jam 30 menit.
  7. Pindahkan ke labu ukur sesuai ukuran. Memindahkannya pakai corong gelas yang di atasnya diberi kain kasa yang didobeli untuk menyaring.
  8. Pindahkan ke dalam Erlenmeyer sesuai jumlah ekstrak tauge.
  9. Lakukan sterilisasi menggunakan Autoclave apabila diperlukan.

Larutan ekstrak tauge yang didapatkan kira-kira seperti ini...
Larutan stok ekstrak tauge 100 g/500 ml

Larutan stok ekstrak tauge 500 g/500 ml setelah diautoclave

Perbedaan signifikan dari kedua larutan ekstrak tauge pada gambar di atas adalah warnanya. Jadi semakin tinggi konsentrasi larutan stok yang kamu buat, warnanya juga akan semakin pekat.

Dari warnanya yang masih kekuningan hingga berwarna kuning kecoklatan.

Itulah Cara Membuat atau Mendapatkan Ekstrak Tauge, semoga artikel ini bermanfaat...

0 Response to "Kandungan dan Cara Membuat Ekstrak Tauge"