Prinsip, Fungsi, dan Cara Menggunakan Vortex Mixer yang Benar

Di laboratorium Biokimia Universitas Airlangga, ada alat bernama Vortex Mixer atau Vortexer. Awalnya saya tidak tau alat apaan sih ini, bagaimana cara menggunakannya?
Prinsip, Fungsi, dan Cara Menggunakan Vortex Mixer

Pokoknya saya berasa ndeso banget dengan alat ini, padahal sebenarnya, cara menggunakannya sangat-sangat mudah. Tapi Alhamdulillah, karena coba-coba dan keseringan pakai, akhirnya saya paham juga, hehe.

Vortex Mixer diciptakan oleh Kraft bersaudara, Jack A. Kraft dan Harold D. Kraft saat bekerja untuk Scientific Industries (Produsen peralatan laboratorium). Nah kamu tau nggak, kalau sampai saat ini, masih banyak lho industri ilmiah yang membuat versi asli Vortex Mixer yang mereka buat.

Fungsi Vortex Mixer

Vortex Mixer adalah alat sederhana yang umumnya digunakan di laboratorium untuk menghomogenkan (mencampurkan) larutan dalam wadah kecil.

Wadah kecil yang dimaksud di sini biasanya ependorf, tabung sentrifuse, falkon, tabung reaksi, dan lain-lain.

Dalam laboratorium Biokimia, alat ini sering digunakan untuk mencampurkan reagen untuk uji aktivitas enzim (misalnya). Jadi setelah memasukan buffer, substrat, dan enzim, digunakan Vortex untuk mencampurkan itu semua sebelum diinkubasi di Waterbath.

Sedangkan dalam laboratorium analitik, alat ini biasa digunakan untuk mencampurkan sampel penelitian.

Prinsip Vortex Mixer

Alat ini terdiri dari motor listrik dengan poros penggerak yang diorientasikan secara vertikal dan menempel pada potongan karet yang dipasang sedikit di luar pusat.

Adapun prinsip Vortex Mixer adalah motor menjalankan potongan karet berosilasi dengan cepat dalam gerakan melingkar.

Bila wadah, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, ditekan ke dalam cangkir karet (atau disentuhkan di ujungnya), gerakkan tersebut dikirim ke cairan dalam wadah dan terbentuklah sebuah pusaran.

Cara Menggunakan Vortex Mixer yang Benar

Penggunaan umumnya kira-kira seperti ini:
  1. Sambungkan kabel ke sumber listrik.
  2. Tekan saklar di posisi 'ON'.
  3. Atur kecepatan putaran sesuai keinginan. Nanti alatnya akan mulai berputar secara kontinyu.
  4. Pegang sampel dalam wadah yang kuat, kemudian tempelkan (tekan) ke bagian Vortex Mixer yang berputar, bisa di tengah atau di samping, untuk menghomogenkan larutan yang ada di dalamnya.
Saya ingatkan lagi, pegang wadah sampelnya yang kuat agar tidak terlempar.

0 Response to "Prinsip, Fungsi, dan Cara Menggunakan Vortex Mixer yang Benar"